Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

MENGETAHUI MASA SUBUR WANITA DARI SIKLUS HAID Kapan Masa Subur Perempuan Agar Hamil

PROGRAM HAMIL SIKLUS MENSTRUASI FOTO BUNGA CITRA LESTARI - Tips Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Dari Siklus Haid Agar Hamil. Terkait dengan program kehamilan, penting untuk diketahui kapan masa subur wanita/perempuan dilihat dari siklus haid karena berkaitan dengan kesiapan sel telur. Hanya sel telur yang matang yang dihitung dari hari dalam siklus haid yang berpotensi untuk dibuahi dan program hamil dapat sukses berjalan. Macam atau jenis cara menghitung masa subur wanita agar hamil dapat dilihat dari posting sebelumnya.

Apa itu masa subur untuk wanita atau perempuan? Masa subur adalah suatu masa dalam siklus haid perempuan dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi, sehingga apabila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual, maka besar kemungkinan terjadinya kehamilan.

Jika anda ingin merencanakan atau menunda kehamilan, anda bisa menghitung masa subur salah satunya dengan menghitung siklus haid atau yang lebih dikenal dengan sistem kalender. Sistem kalender sendiri merupakan salah satu metode kontrasepsi sederhana yang dapat dikerjakan sendiri oleh pasangan suami istri.

Dengan penggunaan sistem kalender, setiap pasangan dapat merencanakan setiap kehamilannya. Namun sebelum menggunakan metode ini, sebagai wanita, anda harus mengetahui siklus masa subur anda karena setiap wanita masa suburnya tidak sama. “Pada umumnya siklus haid teratur 28 hari dan untuk mengetahui siklus itu perlu pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi,” jelas dr. Retina Indanawati, Sp.OG saat ditemui tim eHealth di Puskesmas Banyu Urip.

Berikut penjelasan dr. Retina Indanawati, Sp.OG tips untuk mengetahui dan menghitung masa subur wanita:

1. Siklus haid teratur

“Jika anda mempunyai siklus haid yang teratur yakni 28 hari, itu lebih mudah mengitungnya. Hari pertama haid dihitung sebagai hari pertama. Masa suburnya terletak pada hari ke-14 dari siklus haid tersebut,” jelas dokter spesialis Obgyn yang juga bertugas di RSU Dr. Soetomo itu.

Dicontohkan, jika seorang wanita mendapat haid mulai tanggal 7 Februari, tanggal ini dihitung sebagai hari pertama. Maka hari ke-14 yang jatuh pada tanggal 21 Februari merupakan masa subur. Jika dalam masa program menginginkan kehamilan, masa subur digunakan untuk melakukan hubungan seksual. Jika tidak menginginkan kehamilan, maka hendaknya menghindari bersenggama pada masa subur tersebut.

2. Siklus haid tidak teratur

“Jika mempunyai siklus haid tidak teratur, tentunya lebih sulit mengetahui dan mengihitung masa suburnya, perhatikan siklus haid dalam 6 bulan berturut-turut,” papar dr. Retina. Catat jumlah hari dalam siklus haid selama 6 bulan atau 6 kali siklus haid anda. Jika siklus haid tidak teratur, maka tentu anda akan menemui siklus haid terpendek dan terpanjang.

Catat siklus terpendek dan terpanjang, contohnya jika siklus terpendek anda hari ke-20 dan terpanjang anda 32 hari. Hitung siklus terpendek yakni 20 hari itu, masa subur anda dimulai sejak hari ke-10 sampai hari ke-18. Secara acak jika anda dalam program kehamilan, maka hubungan suami istri dimulai pada hari ke-10 dari jumlah terpendek itu. “Jangan dilakukan setiap hari, lakukan senggama pada hari ke-10, 12, 14, 18, berikan setiap jeda waktu untuk perbaiki sperma, karena sperma itu punya umur,” terang dokter yang bertugas di bagian PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Obgyn Fakultas Kedokteran Unair-RSU Dr. Soetomo itu.

Lebih lanjut dikatakan oleh dokter satu anak ini bahwa siklus yang tidak normal dikarenakan hormon setiap orang berbeda, hormon dipengaruhi oleh tinggi rendahnya stres seseorang. Siklus haid yang tidak normal biasanya terjadi pada usia remaja antara umur 16 tahun hingga 20 tahun. “Ibaratnya kondisi baru itu butuh waktu untuk teratur,” paparnya.

Jika pada usia 20 tahun atau lebih, haid masih tidak teratur, seperti misalnya dua bulan sekali. Dikatakan dokter yang tinggal di kawasan Suterojo itu, “Kemungkinan terdapat kelainan pada sistem, pembekuan darah atau anatomi. Kelainan itu disebabkan oleh keganasan yang diakibatkan oleh Kanker mulut rahim atau yang mendekati menopause,” imbuhnya.

Ia pun menuturkan, pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika mengalami haid yang tidak teratur yakni dengan memberikan suntikan hormon progesteron dan pil KB dosis rendah, itu diujikan selama tiga kali siklus, jika masih tetap akan diperiksa dan ditangani secara intensif. surabaya-ehealth.org

KALENDER MASA SUBUR WANITA SIKLUS HAID Tips Cepat Hamil

mengetahui masa subur wanita, siklus haid wanita, macam siklus haid, jangka waktu menstruasi normal, cara menghitung masa subur perempuan, tips menentukan tanggal wanita subur, kiat membaca tanda alami usia subur, menghitung masa kesuburan perempuan, program kehamilan, tips agar cepat hamil, perhitungan kalender masa subur, kapan masa subur wanita atau perempuan, masa subur kehamilan, masa tidak subur wanita




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2010/09/mengetahui-masa-subur-wanita-dari.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

MENGETAHUI MASA SUBUR WANITA DARI SIKLUS HAID Kapan Masa Subur Perempuan Agar Hamil

Posted by Best SEO Easy, Published at 9:21 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment