Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

FINAL COPA DEL REY 26/05/2012, FAKTA MENARIK ATHLETIC BILBAO VS BARCELONA

FINAL COPA DEL REY 26/05/2012, FAKTA MENARIK ATHLETIC BILBAO VS BARCELONA. Sabtu (26/5/2012) dinihari WIB Barca dan Bilbao akan bertempur dalam final Copa del Rey ke-108. Mulai dari adu taktik antara Pep Guardiola dan Marcelo Bielsa hingga pertarungan antarlini, final Copa del Rey musim ini memiliki beberapa alasan mengapa layak untuk disaksikan. Baca juga DIRK KUYT MEMBERI DUKUNGAN VAN GAAL UNTUK MELATIH LIVERPOOL MUSIM DEPAN

Empat tahun lalu, musim 2008/2009, Barca sukses menghantam Bilbao dengan skor mencolok 4-1. Itulah trofi pertama Pep Guardiola buat Barca. Kini, di pertandingan terakhirnya, Pep ingin memberikan gelar untuk Barca.

Namun, Bilbao yang sudah kehilangan gelar di Liga Europa juga tak mau menutup musim tanpa gelar. Apalagi kesempatan kini ada di depan mata. Bahkan pelatih mereka, Marcelo Bielsa, sudah menegaskan, dirinya akan mematikan Lionel Messi yang merupakan bintang utama Los Cules. Bilbao tidak kalah bersemangatnya dari Barca.

Berikut fakta menarik mengapa final Copa del Rey layak untuk ditonton.

1. Pertarungan Dua Pelatih Jago Taktik

Banyak pengamat sepakbola yang menyebut bahwa Bielsa memiliki visi bermain yang mirip dengan Guardiola. Kemiripan paling jelas tampak dalam bagaimana mereka mengorganisir tim untuk melakukan pressing tinggi terhadap lawan dan melakukan penguasaan bola.

Bielsa barangkali adalah satu-satunya pelatih yang dapat menyamai Pep dalam soal bermain menyerang dan enak dilihat. Pertemuan mereka di hari terakhir Guardiola sebagai pelatih Barcelona akan menjadi sajian luar biasa bagi pecinta sepakbola.

2. Mantan Kiper Athletic Bilbao menjadi Direktur di BArcelona

Direktur sepakbola Barcelona sekaligus mantan kiper terbaik Spanyol, Andoni Zubizarreta, adalah kiper Athletic Bilbao dalam partai final musim 1983/1984 tersebut. Zubizarreta bergabung dengan Barcelona pada musim 1986/1987, setelah memperkuat klub kebanggaan rakyat Basque selama lima tahun.

3. Duel Sesama Tim Separatis

Barca dan Bilbao adalah dua tim yang mewakili perjuangan para separatis anti rezim Castilan di Spanyol. Barca mewakili bangsa Catalan, sementara Bilbao mengusung etnis Basque.

Sikap anti-nasionalisme lahir akibat kedikatoran Jenderal Franco yang dimulai sejak tahun 1936. Bahkan hampir 40 tahun setelah kematian Francisco Franco, banyak daerah otonom masih berjuang untuk memerdekakan diri.

Pertemuan Barca dan Bilbao selalu menjadi simbol perlawanan dan perjuangan melawan lupa rakyat Spanyol atas dosa-dosa Franco. Ironisnya, laga final kali ini akan dihelat di ibukota negara, Madrid, yang menjadi lambang dari Castillan.

4. Dua Tim Paling Sering Juara

Sepanjang sejarahnya, Barca dan Bilbao adalah dua tim yang tercatat sebagai pengoleksi terbanyak Copa del Rey. Barcelona meraih 25 gelar, sementara Bilbao 23 gelar. Dengan rekor tersebut, pertemuan mereka mencerminkan final Copa del Rey sesungguhnya.

Barca terakhir kali menjadi juara Copa del Rey pada tahun 2009. Sementara Bilbao lebih lama lagi, yakni pada tahun 1984.

5. Ketika Dua Tim Bergaya Ofensif Bertemu

Capaian gol di Copa del Rey musim ini sangat produktif. Tercatat 317 gol--atau sekitar 2,96 di tiap pertandingan--telah berhasil dikemas di semua pertandingan. Dengan bertemunya Barca dan Bilba,o yang notabene adalah tim yang sama-sama bermain ofensif, pertandingan akan diprediksi berjalan menarik.

6. Fakta Pemain

Markel Susaeta adalah sosok pemain Athletic Bilbao yang selalu tampil dalam 62 pertandingan musim ini. Sementara itu, Lionel Messi adalah yang terbanyak berlaga untuk Barcelona dengan 59 kali tampil. Musim ini jumlah gol Fernando Llorente, penyerang tunggal Athletic Bilbao, mencetak 29 gol. Jumlah ini hanya 40% dari jumlah gol Lionel Messi (72 gol).

7. Pertarungan Antarlini

Dari segi taktik, Bilbao diperkirakan akan memainkan gaya sepakbola yang hampir sama dengan Barca, meski posisi Bilbao tetap dianggap underdog.

Para pengamat mengatakan Barca dan Bilbao sama-sama memiliki pemain sayap yang mumpuni. Iker Muniain dan Markel Susaeta di sisi kiri dan kanan Bilbao akan menggempur dan sekaligus menahan tusukan para bek sayap Barca, seperti Montoya dan Adriano yang fasih naik menyerang.

Tugas berat akan diemban Jon Aurtenetxe, bek kiri Bilbao yang ditugasi oleh Bielsa menjaga Messi. Keputusan Bielsa bagi sebagian pengamat akan menjadi blunder, meski tak jarang pula yang menilai bahwa itu adalah keputusan cerdas, mengingat Aurtentxe masih berusia 20 tahun dan sangat lincah, ia dipercaya dapat menempel ketat Messi.

Manchester United pernah menjadi korban keganasan pasukan 'El Loco' Bielsa, dan Guardiola pun sudah mewaspadai hal ini.




Perkiraan Susunan Pemain
Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Gorka Iraizoz; 15-Andoni Iraola, 24-Javi Martinez, 3-Fernando Amorebieta, 3-Jon Aurtenetxe; 21-Ander Herrera, 8-Ander Iturraspe; 14-Markel Susaeta, 9-Fernando Llorente, 19-Iker Muniain

Barcelona (4-3-3): 13-Jose Manuel Pinto; 35-Martin Montoya, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 21-Adriano; 6-Xavi Hernandez, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro Rodriguez

Lima Duel Terakhir

* 26/09/2010 Athletic Bilbao vs Barcelona 1 – 3
* 21/12/2010 Barcelona vs Athletic Bilbao 0 – 0
* 05/01/2011 Athletic Bilbao vs Barcelona 1 – 1
* 06/11/2011 Athletic Bilbao vs Barcelona 2 – 2
* 31/12/2012 Barcelona vs Athletic Bilbao 2 – 0


FINAL COPA DEL REY 26/05/2012, FAKTA MENARIK ATHLETIC BILBAO VS BARCELONA, Liga Spanyol 2012, Pertandingan Final Athletico Bilbao VS Barcelona, Susunan Pemain Athletico Bilbao VS Barcelona




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/05/final-copa-del-rey-26052012-fakta.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

FINAL COPA DEL REY 26/05/2012, FAKTA MENARIK ATHLETIC BILBAO VS BARCELONA

Posted by Best SEO Easy, Published at 9:47 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment