Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

SUMBER MAKANAN YANG PENTING AGAR ANAK MENJADI PINTAR

Ibu hamil diharuskan makan makanan yang agar mendapatkan bayi yang sehatSUMBER MAKANAN YANG PENTING AGAR ANAK MENJADI PINTAR . Masa emas pembetukan otak ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh ibu. Memberikan makanan-makanan sehat sejak ibu hamil bisa menjadi langkah tepat. Baca juga 7 KESALAHAN PERAWATAN YANG MERUSAK KEINDAHAN RAMBUT

Kebutuhan nutrisi itu sendiri, sebenarnya bukan hanya ketika ibu mengandung, melainkan ketika ia siap untuk mengandung pun sudah harus memperhatikan gizi, makanan, dan komposisi nutrisinya harus lengkap, sehingga ketika ia hamil, dari segi fisik sudah siap dan proses kehamilan akan berlangsung optimal secara nutrisi.

Pembentukan otak buah hati dilakukan dari dalam kandungan ibu hingga bayi berusia dua tahun. Bila gagal terpenuhi pada masa itu, tak ada waktu lagi mengoreksinya di kemudian hari.

"Kuncinya, ibu dan bayi jangan pernah sampai kekurangan protein. Bukan semata takarannya, tetapi juga kualitas protein pilihan masakan ibu yang tersaji," tutur Dr. Handrawan Nadesul dalam buku Membesarkan Bayi jadi Anak Pintar.

Berikut penjelasan Dr. Handrawan mengenai jenis-jenis makanan berprotein dan makanan pendukung lainnya yang dibutuhkan bayi dalam masa emas pembentukan otak.

- Susu dan telur

Susu dan telur merupakan sumber utama protein. Bayi dan anak membutuhkan dua hingga tiga gram protein untuk tiap kilogram berat badan atau rata-rata 25 gram sehari. Setelah dewasa, cukup satu gram saja per kilogram berat badan.

- Daging, ikan, tahu, tempe, dan sayuran

Selain susu, telur, daging, ikan, tahu, tempe, dan sayuran pun mengandung protein. Namun, tubuh butuh lebih banyak protein hewani daripada protein nabati. Kecukupan asupan protein berkualitas menentukan sempurna tidaknya otak anak bertumbuh.

- Asam amino

Kualitas protein masing-masing jenis makanan ditentukan oleh kandungan asam-amino yang membentuknya. Dikenal 20 jenis asam amino, delapan di antaranya esensial (tak bisa dibuat tubuh). Asam amino esensial merupakan bahan bangunan yang merancang ribuan variasi jenis sumber makanan berprotein. Variasi asam-amino dalam protein telur tak sama dengan protein daging, jagung, atau kacang.

Tidak semua makanan berprotein lengkap asam-aminonya. Kandungan asam-amino telur, disusul susu, tergolong paling lengkap. Telur dan susu merupakan sumber protein utama.

- Ikan laut

Selain telur dan susu, otak juga butuh ikan laut. Selain cukup protein, otak butuh dua jenis lemak, yakni asam lemak bebas eicosapentaenoic acid (EPA) dan decosahexaenoic acid (DHA). Keduanya banyak terkandung dalam omega-3 minyak ikan laut, seperti ikan cod, salmon, makerel, kerang, dan plankton.

- Omega-6

Otak pun membutuhkan omega-6 yang banyak dalam minyak kelapa, bunga matahari, dan jagung. Omega-3 dan omega-6 bersifat esensial atau harus dipasok dari makanan. Sedang kebutuhan omega-9 disediakan oleh tubuh sendiri. Omega-3, omega-6, dan omega-9 tergolong lemak tak jenuh majemuk polyunsaturated fatty acids (PUFA) yang menyehatkan tubuh.

SUMBER MAKANAN YANG PENTING AGAR ANAK MENJADI PINTAR, Sumber Protein untuk Meningkatkan Kualitas Otak Anak, Tips Membuat Otak Anak Menjadi Cerdas, Cara Cepat Bikin Pintar Otak Anak




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/05/sumber-makanan-yang-penting-agar-anak.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

SUMBER MAKANAN YANG PENTING AGAR ANAK MENJADI PINTAR

Posted by Best SEO Easy, Published at 8:36 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment