Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2014

KAPTEN KNIL, WESTERLING AKHIRNYA AKUI BANTAI RAKYAT SULAWESI SELATAN

Pengakuan kejahatan perang WesterlingKAPTEN KNIL, WESTERLING AKHIRNYA AKUI BANTAI RAKYAT SULAWESI SELATAN. Mantan Kapten KNIL, Raymond Westerling akhirnya mengakui dialah yang bertanggung jawab atas pembantaian masyarakat Sulawesi Selatan. Pengakuan itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara di sebuah program televisi di stasiun NCRV. "Akulah yang bertanggung jawab, bukan tentara di bawah komandoku. Aku sendiri, secara personal yang memutuskannya," kata dia seperti dimuat situs Volkskrant, 14 Agustus 2012. Baca juga UPDATE INFO ARUS MUDIK JALUR NAGREK BERLAKU SISTEM ONE WAY

Pengakuan Westerling yang baru terkuak itu sejatinya ia sampaikan dalam sebuah wawancara di tahun 1969, hanya sesaat setelah mantan tentara Joop Hueting mengungkap soal kejahatan perang tentara Nederland di Indonesia dalam wawancara dengan Volkskrant dan Achter het Nieuws. Pengakuan Hueting membuat geger dan memicu murka para veteran serdadu kala itu. Sang jurnalis yang mewawancarainya bahkan harus mendapat perlindungan polisi, karena nyawanya terancam.

Pengakuan Westerling di tahun 1969 itu direkam oleh juru kamera Hans van der Busken, sementara wawancara dilakukan jurnalis Joep Buttinghausen, namun tak pernah ditayangkan, bahkan sampai Westerling meninggal pada 26 November 1987 lalu. Buttinghausen juga meninggal pada tahun 1987.

Pengakuan Westerling itu jika diungkap, efeknya bisa bak bom meledak di siang bolong. Bagaimana tidak, meski di Indonesia dianggap "tukang jagal", Westerling dianggap pahlawan oleh para veteran. Ia adalah komandan pasukan khusus (Speciale Troepen) yang dikirim pada Desember 1946 lalu ke Sulawesi Selatan untuk menekan gerakan revolusioner.

Tiga bulan bertugas, ia dianggap sukses, meski mengorbankan 3.500 penduduk lokal, kebanyakan dibunuh tanpa diadili atas nama penegakan hukum. Versi Indonesia, ada 40.000 nyawa yang melayang. Westerling mengatakan, mereka yang tewas adalah orang-orang yang terbunuh saat melawan, ditembak kala kabur, atau dieksekusi

Westerling tak takut melakukan tindakan kejinya, karena merasa mendapat dukungan dari Pemerintah Belanda. "Saya bertanggung jawab atas tindakan saya, mereka harus membuat perbedaan antara kejahatan perang atau tindakan tegas, konsisten, dan adil dalam keadaan sangat sulit," kata dia.

Westerling mengakui bahwa ia mungkin melakukan kejahatan perang, tapi tidak bagi empat serdadu yang bertindak di bawah perintahnya. Dia juga mengatakan, sifat sadistis yang tersembunyi di dalam diri seseorang dapat berkembang jauh lebih cepat saat perang daripada dalam situasi normal.

Bocornya bukti pengakuan Westerling ini menjadi kabar baik bagi pengacara korban pembantaian, Liesbeth Zegveld yang akan terus melakukan gugatan.

KAPTEN KNIL, WESTERLING AKHIRNYA AKUI BANTAI RAKYAT SULAWESI SELATAN, Pembantaian Rakyat Sulsel, Westerling, Kejahatan Perang




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://www.bestseoeasy.blogspot.com/2012/08/kapten-knil-westerling-akhirnya-akui.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

KAPTEN KNIL, WESTERLING AKHIRNYA AKUI BANTAI RAKYAT SULAWESI SELATAN

Posted by Best SEO Easy, Published at 3:30 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment