Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

GUNUNG LOKON MELETUS 3,5KM GUNUNG BERAPI TERAKTIF DI DUNIA

FOTO VIDEO GUNUNG LOKON MELETUS 2012 (YOUTUBE) STATUS GUNUNG LOKON TERBARU 800 LETUSAN. Sejak ditetapkan dengan status Siaga pada Juli 2011, Gunung Api Lokon di Tomohon hingga kini telah tercatat meletus sebanyak 800 kali. Berdasarkan catatan tersebut menjadikan Gunung Api Lokon sebagai salah satu gunung api teraktif di dunia.

"Dari catatan yang ada di Pos Pemantauan sejak ditetapkan status Siaga pada 2011, Lokon tercatat telah meletus sebanyak 800 kali. Ini bisa menandakan Lokon sebagai salah satu gunung api teraktif di dunia," tutur Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina.

Farid mencatat, Lokon meletus terakhir kali pada Senin (26/11/2012) sebanyak dua kali, yaitu pada pukul 11.17 Wita dan letusan susulan pada pukul 11.18 Wita. Letusan kemarin sempat mengeluarkan debu setinggi 2.500 meter ke udara. Hujan yang turun setelah itu menyebabkan debu yang dikeluarkannya tidak terlalu berpengaruh bagi warga yang berada di sekitar Lokon.

Saking seringnya Lokon meletus, warga yang berada paling dekat dengan Lokon, seperti daerah Kakaskasen, telah menganggap fenomena itu sudah biasa. Bahkan, warga sekitar Lokon menganggap situasi itu masih aman dan mereka tetap beraktivitas seperti biasanya. Apalagi selama ini belum ada perintah mengungsi dari pemerintah setempat.

Kendati demikian, Farid tetap mengimbau warga agar waspada dan menghindari beraktivitas pada radius berbahaya, 2,5 kilometer dari kawah Lokon.

Aktivitas vulkanis Lokon yang sangat intens tersebut membuat para pencinta foto sering menjadikan Gunung Lokon ketika meletus sebagai salah satu obyek foto yang diburu. "Hampir setiap saat mendengar ada letusan, saya selalu berusaha keluar memotret. Siapa tahu dapat momen yang bagus," ujar Hermondo, salah seorang pehobi foto di Manado.

Letusan Gunung Lokon Mencapai 3,5 Kilometer

Untuk kesekian kali Gunung Lokon meletus lagi. Pagi ini Gunung Lokon kembali meletus hingga ketinggian asap 3,5 Km dari Kawah Tompalun.

"Hingga saat ini letusan masih terjadi. Satu stasiun seismik mati terkena letusan. Status gunung masih Siaga (level III). Belum perlu ada pengungsian. Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di dalam 3,5 km dari kawah Tompalun," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Rabu (28/10/2012). Letusan terjadi pada pukul 10.05 WITA.

Sutopo mengatakan perilaku letusan Gunung Lokon telah berubah dibandingkan dengan sejarah letusan sebelumnya. Hingga kini Gunung Lokon telah meletus lebih dari 800 kali kejadian letusan.

"Sebelumnya lama letusan hanya paling lama seminggu saja. Arah angin selalu menjauh dari pemukiman, sehingga abu vulkanik jatuh di daerah hutan sekitar Gunung Lokon. Seringnya meletus menyebabkan masyarakat sekitarnya menyikapi letusan dengan biasa. Namun BNPB dan BPBD tetap meminta masyarakat selalu waspada," paparnya. Video Gunung Lokon Meletus 2012 youtube letusan gunung berapi terbaru Sulut Sulawesi Utara.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/11/gunung-lokon-meletus-35km-gunung-berapi-teraktif-status-terbaru.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

GUNUNG LOKON MELETUS 3,5KM GUNUNG BERAPI TERAKTIF DI DUNIA

Posted by Best SEO Easy, Published at 1:52 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment