Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

KRONOLOGIS ALASAN PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN 2013

KURIKULUM 2013 PENGGANTI KURIKULUM PENDIDIKAN KTSP LATAR BELAKANG KURIKULUM KTSP DIGANTI MENJADI KURIKULUM 2013. Kontroversi terhadap perubahan kurikulum baru 2013 ini terus bermunculan. Banyak pihak menanyakan alasan digantinya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 dengan standar isi yang jauh berbeda khususnya untuk pendidikan tingkat dasar.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Ditjen Dikdas Kemdikbud, Ibrahim Bafadal, mengatakan bahwa masalah kurikulum pendidikan diubah ini juga melihat kondisi yang ada selama beberapa tahun ini. KTSP yang memberi keleluasaan terhadap guru membuat kurikulum secara mandiri untuk masing-masing sekolah ternyata tak berjalan mulus.

"Tidak semua guru memiliki dan dibekali profesionalisme untuk membuat kurikulum. Yang terjadi jadinya hanya mengadopsi saja," kata Ibrahim dijumpai seusai Pemberian Penghargaan Siswa Berprestasi Tingkat Internasional dan Penganugerahan Piala Apresiasi Sastra Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar, di Gedung A Kemdikbud, Jakarta.

Untuk itu, kurikulum yang baru ini dibuat dan dirancang oleh pemerintah terutama untuk bagian yang sangat inti. Dengan demikian, pihak sekolah dan guru tinggal mengaplikasikan saja polaa yang sudah dimasukkan dalam struktur kurikulum untuk masing-masing jenjang tersebut.

Ia mengakui bahwa untuk tingkat SD terjadi perubahan yang cukup besar mengingat basis tematik integratif yang dianut saat ini. Mata pelajaran yang dulu ada sebanyak 10 bidang dikurangi menjadi tersisa enam mata pelajaran saja dengan pembagian empat mata pelajaran utama dan dua mata pelajaran muatan lokal.

"Jadi untuk pendidikan dasar, kami ambil yang sangat inti seperti PPKn, Agama, Bahasa Indonesia, Matematika," ungkap Ibrahim.

"Kami yakin dengan revisi ini, pendidikan di Indonesia akan menghasilkan generasi yang jauh lebih baik lagi dan siap menjawab tantangan ke depan," tandasnya. Kronologis alasan perubahan kurikulum pendidikan 2013 terbaru KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan diganti dengan kurikulum pendidik tahun 2013.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/11/kronologis-alasan-perubahan-kurikulum-pendidikan-2013-kurikulum-ktsp.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

KRONOLOGIS ALASAN PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN 2013

Posted by Best SEO Easy, Published at 11:27 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment