Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

MANTAN PENYIDIK KPK TUDUH ABRAHAM SAMAD LANGGAR SOP

Ketua KPK Abraham Samad dianggap langgar prosedur operasi Standar (SOP)CURHAT MANTAN PENYIDIK KPK KE DPR. Sejumlah mantan penyidik KPK yang kini kembali ke kepolisian mengeluhkan soal kondisi KPK selama berdinas di sana saat bertemu dengan Komisi III DPR beberapa waktu lalu. Salah satunya, Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Kompol Hendy F Kurniawan, menjelaskan alasan kenapa dia mundur jadi penyidik KPK, ia merasa tidak cocok dengan kepemimpinan Abraham Samad. Menurut dia, Abraham Samad kerap bertindak tidak profesional dalam menangani kasus.

Hendy juga salah satu mantan penyidik yang hadir dalam pertemuan bersama Komisi III DPR, beberapa waktu lalu menegaskan, penuturannya tersebut bukan dalam upaya melemahkan KPK. Alasan Hendy memutuskan untuk mengundurkan diri pada 1 November 2012 itu pun salah satunya karena kinerja Abraham.

Menurut dia, pengakuannya tersebut justru untuk perbaikan di KPK. "Jangan kemudian KPK di bawah Samad kemudian hancur. Yang saya benci bukan KPK, tetapi pimpinannya. Jadi KPK harus diselamatkan," ujarnya di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2012).

Menurut Hendy, Abraham Samad kerap bertindak sesuka hati dan tidak melakukan penanganan pemberantasan korupsi sesuai prosedur operasi standar (SOP). Menurut Hendy, saat Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda S Goeltom dijadikan tersangka kasus suap cek pelawat pada Januari 2012 belum ada diterbitkan surat perintah dimulainya penyidikan (sprindik).

Hal tersebut kembali terulang pada penetapan Angelina Sondakh sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka meskipun belum ada alat bukti yang cukup. Penetapan tersangka juga tidak melalui ekspos perkara.

Hendy juga mengaku pernah bertengkar dengan Abraham mengenai hal itu sebab Abraham memintanya untuk mengikuti perintah. Ketika menentang keputusan Abraham, ia pun sempat diganti oleh penyidik lain. "Samad pernah usahakan saya agar keluar dari KPK dengan melapor ke Kapolri bahwa saya membangkang dan tidak taat perintah," ungkapnya.

Bantahan KPK

Juru Bicara KPK Johan Budi SP menilai informasi yang disampaikan Hendy itu bukanlah hal yang baru. Johan menyatakan pihaknya mengapresiasi Hendy bila niatnya memang tulus untuk memperbaiki KPK.

"Tapi kenapa saat masih di KPK hal itu tidak disampaikan?" Johan mempertanyakan.

Menurut Johan, surat pengunduran Hendy tidak menyebutkan bahwa penyebab mundurnya dia dari KPK adalah karena ketidakprofesionalan pimpinan seperti yang dia persoalkan sekarang. Bahkan, dalam surat pengunduran dirinya, Hendy justru memuji-muji KPK. Hendy mengaku mendapat nilai tambah selama di KPK, dan akan ditularkannya untuk berkarir di kepolisian.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan Bambang Widjojanto membantah keras tudingan mantan penyidik KPK, yang menyebutkan bahwa pimpinan KPK sekarang unprofessional. Menurutnya, itu hanya gunjingan yang tidak berdasar dan tidak seimbang.

Bambang menegaskan bahwa semua tudingan mantan penyidik KPK itu tidak didasarkan dengan klarifikasi dan konfirmasi terlebih dahulu kepada para petinggi KPK.

"Saya tidak mengerti, apakah mereka dipanggil Komisi III atau dibawa oleh Kabareskrim ke Komisi III. Tapi yang menarik adalah kalau ada seseorang mengadukan sesuatu padahal dia punya conflict of interest, maka seharusnya siapapun yang mengadukan itu harus melakukan klarifikasi dan konfirmasi. Itu kan yang disebut cover both side," kata Bambang usai pertemuan internasional dengan lembaga-lembaga anti-korupsi dunia di Hotel JW Mariot, Jakarta, Selasa, 27 November 2012.

Bambang juga mempertanyakan ada apa sebenarnya di balik semua manuver itu. Lantaran semua tudingan itu tidak berdasar, maka sesungguhnya lebih tepat disebut sebagai gunjingan saja. "Bergunjing itu kan gibah. Masak penegak hukum bergunjing. Nggak benar ini," ujar Bambang. Alasan mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Kompol Hendy F Kurniawan mundur dari KPK






Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2012/11/mantan-penyidik-kpk-tuduh-abraham-samad.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

MANTAN PENYIDIK KPK TUDUH ABRAHAM SAMAD LANGGAR SOP

Posted by Best SEO Easy, Published at 10:23 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment