Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

AWASI ANAK DARI KEJAHATAN ONLINE TIPS LINDUNGI ANAK DARI BAHAYA INTERNET

Lindungi anak dari penjahat onlineTIPS AMAN BERINTERNET BAGI ANAK. Kejahatan yang diakibatkan internet makin marak. Tak jarang korbannya adalah anak dan remaja. Penggunaan Internet untuk berinteraksi dan mencari berbagai informasi meningkat sejak tren penggunaan smartphone dan pelanggan telepon seluler di Tanah Air melonjak. Lihat juga PENGAKUAN MAHARANY, MAHASISWI YANG KEPERGOK DENGAN AHMAD FATHANAH DI HOTEL

Tapi, sebagaimana di kehidupan nyata, banyak ranjau di Internet yang mesti diwaspadai agar kita sebagai pengguna tidak dirugikan. Effendy Ibrahim dari Norton Internet Safety Advocate and Director Asia, Norton by Symantec, memberikan 10 tips untuk orangtua dan pengasuh anak untuk memastikan orang-orang terdekatnya tetap dilindungi secara online:

1. Jangan memberikan informasi pribadi Anda

Hindari menampilkan rincian data pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon atau alamat online orang tua sehingga para penjahat dunia maya dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat profil palsu dari rincian tersebut.

2. Apa yang tetap online, biarkanlah online

Gunakan privacy settings untuk memastikan hanya teman dan keluarga Anda yang dapat melihat foto yang ditampilkan. Hindari menampilkan rencana liburan supaya orang tidak dikenal melacak gerakan Anda.

3.Periksa keamanan dan pengaturan pribadi Anda

Pastikan privacy settings pada jejaring sosial Anda terjamin sehingga hanya teman-teman Anda yang dapat melihat informasi pribadi Anda dan gunakan privacy settings Anda untuk membatasi siapa yang dapat melihat tampilan video dan foto dari Anda.

4. Keamanan password

Berbagi password dengan orang tua Anda adalah ide yang masuk akal tapi, hindari berbagi password dengan teman-teman Anda, bahkan jika mereka berjanji tidak memberitahu siapa pun! Juga saat Anda membuat password, pastikan itu bukan sesuatu yang mudah ditebak seperti nama hewan peliharaan Anda. Gunakan kombinasi huruf, angka, karakter besar dan kecil.

5. Selalu lindungi perangkat bergerak Anda

Pastikan ponsel Anda dilindungi oleh pin sehingga semua informasi pribadi Anda yang tersimpan di dalamnya aman. Download aplikasi keamanan yang memungkinkan Anda untuk menghapus semua data pribadi dari jauh, atau saat ponsel Anda hilang atau dicuri.

6. Jangan berbicara kepada orang asing baik secara online maupun offline

Jangan bertemu dengan orang asing dan beritahu orang tua Anda jika ada orang asing telah berusaha untuk mendapatkan kontak dengan Anda secara online. Tidak mungkin orang yang Anda ajak berbicara secara online berbagi informasi pribadi Anda di situs media sosial dengan teman-teman, keluarga dan orang yang Anda sudah tahu di dunia nyata.

7. Berhati-hatilah terhadap situs yang tidak terjamin atau tidak diketahui

Ketika berbelanja online, gunakan penjual yang sudah dikenal. Pastikan setiap transaksi yang Anda lakukan hanya berlangsung di halaman situs yang aman dan Anda dapat mengidentifikasinya dari lambing gembok di halaman alamat browser Anda dan alamat tersebut menggunakan https.

8. Berhati-hatilah dengan link yang Anda klik
Hindari membuka link di pesan, email, atau pesan instant pada jejaring sosial Anda kecuali Anda yakin pesan tersebut berasal dari orang yang dikenal. Para penjahat dunia maya telah dikenal melakukan hack ke akun email teman dan jejaring sosial untuk mengirim email atau pesan pasca mengakui mereka berada dalam kesulitan dan meminta Anda untuk mentransfer uang kepada mereka. Jangan percaya meskipun terdengar mencurigakan atau saat menawarkan sesuatu yang tidak realistis.

9. Pastikan software keamanan Anda up-to-date

Keamanan software sekarang tersedia untuk semua jenis perangkat: ponsel, tablet, dan PC. Pastikan Anda memiliki perangkat lunak keamanan terbaru pada perangkat Anda untuk tetap dilindungi setiap saat.

10. Dengarkan orang dewasa yang mengetahui

Orang dewasa akan selalu khawatir tentang Anda. Bantu mengatur pikiran mereka saat istirahat dan hindari berbicara online dengan orang asing atau menggunakan internet begitu lama sehingga Anda mengabaikan aktivitas dunia nyata Anda dan teman-teman di dunia nyata. Internet aman untuk anak Tips cegah kejahatan online terhadap anak




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/02/awasi-anak-dari-kejahatan-online-tips.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

AWASI ANAK DARI KEJAHATAN ONLINE TIPS LINDUNGI ANAK DARI BAHAYA INTERNET

Posted by Best SEO Easy, Published at 4:55 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment