Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

BAK FILM HOLLYWOOD, BELASAN ORANG 'SERBU' LAPAS CEBONGAN, SLEMAN, TEWASKAN 4 TAHANAN Latar Belakang Kasus Penyerangan Lapas Cebongan, Sleman

Polisi menjaga ketat Lapas Cebongan, Sleman, setelah diserang oleh belasan orang dan menewaskan 4 tahanan titipan kasus penganiayaan(FOTO) KRONOLOGI PENYERANGAN BELASAN ORANG DI LAPAS CEBONGAN, SLEMAN . Aksi bak mafia di film-film Hollywood terjadi Lapas Cebongan Sleman. Belasan orang menyerbu Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, pada Sabtu, 23 Maret 2013. Mereka mengincar empat tahanan yang menjadi tersangka kasus penganiayaan seorang anggota Kopassus, Sersan Satu Santoso, hingga tewas. Lihat juga HASIL PENYELIDIKAN KOMITE ETIK KPK SOAL PEMBOCOR DRAFT SPRINDIK ANAS URBANINGRUM SEBAGAI TERSANGKA.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta, Brigadir Jenderal Sabar Rahardjo, menjelaskan kronologi peristiwa penyerangan itu.

Menurut dia, pada Sabtu dinihari, sekitar pukul 00.15 WIB, pintu gerbang LP Cebongan, Sleman, diketok oleh seseorang yang mengaku anggota Polda Yogyakarta.

Petugas yang mengaku dari Polda Yogyakarta itu mengatakan hendak meminjam tahanan--biasa disebut ngebon, dengan menyebutkan empat nama tersangka tadi. Sipir bernama Supratikno tak segera membukakan pintu. Petugas itu mengatakan akan meminta izin terlebih dahulu kepada pemimpin LP.

Belum juga meminta izin, petugas yang mengaku dari Polda Yogyakarta itu mengancam akan meledakkan pintu gerbang dengan granat. Ketakutan, sipir tadi kemudian membukakan pintu dan gerombolan sekitar 17 orang berpenutup wajah itu merangsek masuk.

Petugas lapas mengatakan kunci disimpan oleh Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Margo Utomo di rumah dinasnya.

Mendapat jawaban itu, dua anggota gerombolan itu memaksa Supratikno mengantar mereka ke rumah dinas Margo Utomo. Supratikno ditodong senjata laras panjang.

Di tempat berbeda, dua anggota penyerang itu memaksa Kepala Jaga Lapas Edi Prasetyo menunjukkan ruangan kepala lapas dan tempat menyimpan CCTV di lantai 2. Edi ditodong dengan senjata laras panjang dan dipaksa tiarap sehingga tidak tahu apa yang terjadi.

Beberapa saat kemudian, KPLP Margo Utomo tiba di lapas dengan membawa kunci. Dia dipaksa membuka kotak yang berisi kunci ruang tahanan. Margo pun berusaha menghubungi kepala lapas, namun telepon selulernya dirampas anggota penyerang.

Kotak berisi kunci belum sempat dibuka. Karena tak sabar, anggota penyerang itu merusak kotak kunci itu dengan gagang senjata laras panjang. Kunci-kunci pun berserakan di lantai.

Mendengar keributan, dua penjaga lapas yang berada di blok belakang, Widayat dan Triwidodo, datang ke sumber suara. Tapi mereka dihadang oleh dua anggota peyerang dan ditodong dengan senjata laras panjang. Keduanya dipaksa tiarap di pos pintu III.

Tidak lama kemudian, kunci diberikan kepada petugas lapas Triwidodo. Dia diminta membuka pintu kamar blok hunian, yaitu Blok A kamar nomor 5 yang berisi 35 tahanan. Setelah pintu dibuka, Triwidodo disuruh tiarap dan diikuti dengan pukulan gagang senjata serta diinjak punggungnya.

Mereka berteriak agar nama-nama yang disebutkan, yakni Hendrik Angel Sahetapi alias Deki (31), Yohanes Juan Mambait (38), Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29), dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33) mengaku. "Yang bukan nama ini minggir. Kumpul jadi satu," teriak orang-orang itu seperti ditirukan tahanan tersebut.

Dari empat nama yang disebutkan itu, dua orang mengaku. Sementara dua lainnya sempat bersembunyi. Namun, akhirnya ketahuan. Setelah 4 napi berkumpul jadi satu, orang-orang itu secara brutal menembaki mereka. "Kami semua meringkuk berkumpul, bingung, ketakutan, gemetar," kata dia.

Tak bicara panjang-lebar, gerombolan itu langsung menembaki Hendrik, Adrianus, Yohanes, dan Gameliel dengan senjata AK-47 dan jenis FN. Semuanya ditembak dari jarak dekat.

Usai menembak targetnya, para pelaku sempat merampas CCTV dan bergegas meninggalkan lapas.

Empat orang target gerombolan bersenjata ini merupakan tahanan titipan Polda DIY. Mereka baru dipindahkan pada Jumat siang dengan alasan ruang tahanan Polda akan direnovasi. Keempatnya dijadikan tersangka kasus penganiayaan yang mengakibatkan tewasnya Serka Haru Santoso, anggota Den Intel Kodam IV Diponegoro, di Hugo's Cafe, Jalan Adisutjipto Km 8,5 Maguwoharjo, pada Selasa 19 Maret 2013 lalu.


Data dan Kondisi korban

Berikut data empat korban yang tewas diberondong oleh senjata laras panjang itu:

Nama: Hendrik Benyamin Sahetapy alias Diki (38)
Alamat: Asrama NTT Jl Tegal Panggung DN II/920, Danurajem, Yogyakarta.
Pekerjaan: Karyawan Swasta
Perkara: dengan sengaja menghilangkan jiwa orang lain/338 KUHP

Nama: Yohanis Juan Manbait alias Juan (37)
Alamat: Asrama NTT Jl Tegal Panggung DN II/920, Danurajem, Yogyakarta.
Pekerjaan: Polri
Perkara: dengan sengaja menghilangkan jiwa orang lain/338 KUHP

Nama: Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu alias Adi (33)
Alamat: Bintaran Kulon 32 RT 005 RW 002, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Margangsan, Yogyakarta. Atau Asrama NTT Jl Tegal Panggung DN II/920, Danurajem, Yogyakarta.
Pekerjaan: -
Perkara: dengan sengaja menghilangkan jiwa orang lain/338 KUHP

Nama: Adrianus Candra Galaja alias Dedi (23)
Alamat: Kos di Pugeran RT 02, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Atau alamat asak Aegela, Kecamatan Nangaroro, kabupaten Nagekoe, NTT.
Pekerjaan: -
Perkara: dengan sengaja menghilangkan jiwa orang lain/338 KUHP

Akibat aksi brutal itu, keempatnya tewas seketika di sel A5, Anggrek 5, dengan luka parah karena tembakan jarak dekat. Menurut Santoso, anggota Kodim 0732 Sleman, yang sedang berjaga di Lapas Cebongan Sleman, tiga di antaranya mengalami luka tembak di bagian dada. Sedangkan satu lainnya mengalami luka paling parah, pecah di bagian kepala.

Salah satu korban penembakan yang mengalami luka parah adalah Yohanes Juan, yang diduga adalah anggota Brimob yang menjadi desersi. Anggota itu diketahui pernah tersangkut kasus narkoba dan tengah menjalani masa hukuman selama 2/3 masa tahanan. Penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan Sleman Yogyakarta Data korban tewas akibat penyerangan di Lapas Cebongan Sleman Foto penyerangan di Lapas Cebongan Sleman








Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/03/bak-film-hollywood-belasan-orang-serbu.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

Comments :

No comments:

Post a Comment