Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

INFO LENGKAP SEPUTAR KADALUARSA PRODUK MAKANAN Istilah Kadaluwarsa & Produk Kadaluarsa Aman Konsumsi

Tips Aman konsumsi makanan kadaluarsaINFO LENGKAP SEPUTAR KADALUARSA PRODUK MAKANAN Istilah Kadaluwarsa & Produk Kadaluarsa Aman Konsumsi. Tiap kali kita membeli produk makanan, tanggal kadaluarsa menjadi perhatian kita sebelum membeli. Jangankan melewati, mendekati tanggal kadaluarsanya pun terkadang kita enggan untuk membelinya. Lihat juga Foto Pernikahan Caisar 'YKS' dengan Indadari

Ternyata tidak semua produk kadaluarsa membahayakan untuk dimakan. Terkadang, makanan masih sangat baik untuk dimakan setelah satu hari, minggu, tahun, bahkan bertahun-tahun setelah melewati tanggal kadaluarsanya.

Untuk mengerti produk kadaluarsa yang masih aman dikonsumsi, maka Anda perlu memahami terlebih dahulu soal istilah kedaluwarsa yang digunakan dalam kemasan produk pangan.

Ada beberapa istilah yang bermakna berbeda pada kemasan produk pangan, antara lain:

- Dijual hingga (sell by): Ini merupakan istilah yang biasanya dijadikan pedoman oleh toko untuk menjual produk pangan. Jika sudah melewati tanggalnya, maka kemungkinan tampilan produk sudah tidak seperti tampilan awal, sehingga kurang menarik konsumen. Label ini berbeda dengan tanggal kadaluarsa. Namun dari segi keamanan, kebanyakan tetap aman untuk dimakan.

- Baik sebelum (best before/best if used by): Saat melewati tanggal ini biasanya makanan sudah mengalami perubahan tampilan dan rasa, tetapi keamanannya masih bisa terjamin.

- Tanggal kedaluwarsa (use by/expiration date): Ini merupakan indikator terkuat dari keamanan pangan kemasan. Jika produk sudah melewati tanggal ini, maka sebaiknya tidak dikonsumsi karena keamanannya sudah tidak terjamin.

- Batas sebelum penarikan (pull date): merupakan cara lain “gunakan sebelum”, menandakan tanggal terakhir yang dianjurkan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut, sehingga masih punya jangka waktu untuk mengkonsumsi tanpa mulai mengalami kerusakan.

- Tanggal dikemas (pack date): merupakan informasi berupa tanggal pada saat produk dikemas, baik pengemasan oleh produsen maupun pengecer.

- Tanggal pemajangan (display date): merupakan informasi berupa tanggal pada saat produk mulai dipajang di rak-rak atau display toko atau tempat penjualan lainya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan makanan masih dapat dimakan setelah melewati tanggal kadaluarsa. Faktanya, tampilan dan rasa belum tentu menjadi indikator.

Kebanyakan makanan masih aman dimakan meskipun tampilan dan rasanya sudah sedikit berubah.

Semakin baik pengolahan yang dilakukan pada makanan, semakin lama makanan tetap aman meski sudah melewati tanggal kadaluarsanya. Selain itu, semakin sedikit kadar air pada sebuah produk makanan, maka semakin lama juga makanan tersebut dapat bertahan. Ini berhubungan dengan keadaan yang membuat mikro-organisme mampu berkembang biak dalam makanan tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah produk-produk olahan daging seperti daging sandwich, hot dog, dan sosis. Jangan makan makanan tersebut setelah melewati tanggal kadaluarsanya karena sangat berisiko untuk mengandung mikro-organisme yang disebut listeria, penyebab infeksi listeriosis dan pada beberapa kasus meningitis.

Tetap berhati-hati dalam mengonsumsi makanan agar tidak mengalami keracunan akibat konsumsi makanan kadaluarsa.

Ciri-ciri utama gejala keracunan adalah, mual, muntah, pusing, diare, dan sesak nafas. Gejala-gejala yang lebih berat adalah kelumpuhan saraf hingga kematian.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2014/04/info-lengkap-seputar-kadaluarsa-produk.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

INFO LENGKAP SEPUTAR KADALUARSA PRODUK MAKANAN Istilah Kadaluwarsa & Produk Kadaluarsa Aman Konsumsi

Posted by Best SEO Easy, Published at 10:10 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment