Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

MITOS KESEHATAN YANG JUSTRU BERBAHAYA BUAT BALITA

Mitos mengenai kondisi kesehatan anak yang justru berbahaya buat balitaMITOS KESEHATAN YANG JUSTRU BERBAHAYA BUAT BALITA. Banyak berkembang mitos mengenai kondisi kesehatan anak di masyarakat, Namun ternyata di antaranya ada beberapa hal yang keliru dan menyesatkan. Bahkan dapat membahayakan buah hati kita. Lihat juga Kontroversi Bayi Tabung Julia Perez, Difatwa Haram MUI

Berikut ini hal-hal yang dipercaya seputar kesehatan si kecil padahal justru berbahaya bagi anak:

1. Tak masalah memberi anak sedikit dosis obat dewasa

Ketika anak batuk atau pilek, pemberian obat dewasa dalam dosis sangat sedikit sering dianggap sah-sah saja. Padahal, penggunaan obat sudah diatur berdasarkan usia penggunanya. Jika sembarang memberi obat pada anak. Ruam, alergi, diare, peningakatan denyut jantung, dan sulit bernapas bisa timbul akibat pemberian obat yang sembarangan pada anak.

"Sebaiknya beri anak obat yang sesuai dengan usia dan dosisnya. Jangan sekali-sekali mencoba memberi obat orang dewasa, komposisinya sudah pasti berbeda. Jika sakit anak berlanjut lebih baik segera bawa ke RS," tutur dr arissa Pudjiadi SpA dari RS Premiere Jatinegara.

2. Tumbuh gigi bisa menyebabkan demam

Beberapa penelitian memastikan bahwa tidak ada hubungan antara proses anak tumbuh gigi dengan timbulnya demam. Sebab, demam pada anak bisa bervariasi penyebabnya, terutama adanya penyakit lain yang gejalanya berupa demam.

"Pada beberapa anak memang bisa saat sedang tumbuh gigi dibarengi kondisi tubuhnya demam. Tapi patut diperhatikan bahwa penyakit lain pun bisa ditandai dengan demam," kata dr Mta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

3. Memberi anak baby walker, cara aman melatih anak berjalan

"Daripada pakai baby walker, lebih baik kasih aja mainan seperti gerobak atau kursi kecil untuk mereka dorong, tapi harus yang kuat ya bahannya jangan yang cepet jatuh juga. Terus kalau anak sudah bisa manjat-manjat, terutama naik tangga, jangan dilarang, tapi ajari," tutur psikolog anak dan remaja Alzena Masykouri.

Sebab, dikatakan wanita yang akrab disapa Zena ini, baby walker justru membuat anak 'malas' untuk belajar berjalan dan menjaga keseimbangan karena posisi mereka yang cenderung sudah pasti bisa berjalan.

4. Anak aman tidur di boks

Meski dianggap aman sebagai tempat bayi terlelap, risiko anak terbentur jeruji boks bisa saja terjadi, apalagi ketika mereka masih berusia di bawah satu tahun. Berguling-guling secara tidak sadar makin meningkatkan risiko cedera anak.

Khususnya bayi yang baru lahir, sebaiknya untuk sementara waktu mereka tidur dengan ibunya. Sebuah studi yang dilaporkan dalam Biological Psychiatry menemukan adanya stres fisiologis yang signifikan dan bisa mengganggu pola tidur dialami oleh bayi yang berusia 2 hari dan secara fisik terpisah dari ibunya, meskipun berada pada ruangan yang sama.

5. Video edukasi bisa membantu anak belajar

Studi terakhir memang menemukan jika program edukasi dalam DVD anak bisa membantu si kecil belajar, tetapi hal ini hanya berlaku pada anak usia dua tahun ke atas. Dikatakan psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi M.PSi, memang lewat video edukasi anak bisa tertarik dengan gambar vergerak atau warna yang cerah.

"Saat memberi tontonan seperti itu, ajak juga anak berinteraksi supaya dia tidak pasif. Atau lebih baik, langsung beri stimulasi pada anak misalnya mengajaknya bermain sambil mengenalkan aneka benda, warna, dan bentuk," kata Ratih.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2014/10/mitos-kesehatan-yang-justru-berbahaya.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

MITOS KESEHATAN YANG JUSTRU BERBAHAYA BUAT BALITA

Posted by Best SEO Easy, Published at 10:00 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment