Berita Terbaru Harga Hp Android Samsung Galaxy BlackBerry IPad iPhone Telkomsel Indosat XL SMS BBM Ucapan Selamat Tahun Baru 2015

WASPADAI DAMPAK BURUK KECANDUAN GADGET BUAT ANAK-ANAK

Bahaya membiarkan anak terlalu asyik menghabiskan waktu dengan gadget merekaWASPADAI DAMPAK BURUK KECANDUAN GADGET BUAT ANAK-ANAK. Kemajuan teknologi membuat anak-anak pun lebih dini mengenal gadget. Mulai dari smartphone, tablet, komputer hingga perangkat game yang beraneka macam akrab dengan kehidupan anak-anak sehari, mulai balita hingga remaja. Lihat juga Wow! Iko Uwais Bakal Main Film 'Star Wars: The Forces Awaken'

Tetapi, terlalu banyak terekspos dengan teknologi, atau yang saat ini disebut kecanduan cyber mampu menghambat perkembangan sosial anak-anak. Jika sang buah hati terlalu sering menghabiskan waktu dengan gadget mereka, Anda patut waspada.

Berikut ini adalah tujuh dampak kecanduan gadget pada anak:

1. Obesitas

Karena keasyikan bermain gadget, anak-anak cenderung malas untuk bermain ke luar rumah. Padahal, ini sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan mereka.

"Anak-anak tak lagi bermain di udara terbuka. Ini adalah salah satu alasan utama terjadinya obesitas pada anak-anak. Permainan seperti petak umpet dan memanjat pohon dianggap sebagai permainan kuno oleh mereka," kata ahli gizi asal India, Sunayna Sharma.

2. Kurang pengetahuan

Bagi anak yang kecanduan cyber, buku-buku tak lagi menarik perhatian. Mereka berhenti membaca dongeng dan orangtua pun cenderung enggan membacakan buku cerita kepada mereka, karena tingkat kecanduan cyber yang juga tinggi pada orang dewasa.

3. Memburuknya hubungan orangtua dan anak

Kecanduan gadget juga memengaruhi hubungan antara orangtua dan anak. Televisi dan video game telah menjadi lebih dari "pengasuh" mereka. Orangtua dan anak pun cenderung jarang untuk menghabiskan waktu bersama. Bahkan, ketika pergi ke luar rumah, mereka pun masih sibuk bermain game di ponsel, atau gadget dan mengutak-atik tablet.

4. Tidak terpapar budaya tradisional

Anak-anak berhenti bermain permainan tradisional, atau permainan luar ruangan. Bagi mereka, game online ada permainan terbaik yang pernah ada. Bahkan, sebagian besar waktu mereka sehari-hari dihabiskan untuk bermain game online hingga larut malam.

"Anak-anak belajar banyak hal dari permainan tradisional. Mereka belajar kosa kata, keterampilan matematika, dan pada yang sama permainan tradisional bisa meningkatkan konsentrasi anak-anak. Ini adalah cara yang fantastis untuk memenuhi semangat kompetitif anak," ujar Ragini Nanda, seorang guru sekolah.

4. Kekurangan teman sebaya

Teman virtual telah menjadi teman sejati mereka. Anak-anak di zaman ini umumnya tidak tahu apa artinya persahabatan sejati. Persahabatan telah menjadi lebih dari ikatan digital daripada ikatan emosional. Mereka tidak berbagi duka dan kebahagiaan mereka dengan teman-teman mereka.

6. Kehilangan kreativitas

Ini adalah dampak yang menyedihkan. Kecanduan cyber membuat anak-anak tak lagi membuat istana pasir, menggambar, mewarnai, atau bermain alat musik. Tentu saja, hal ini berakibat pada kreativitas yang tidak terasah.

7. Kurang tidur

Kecanduan cyber juga merupakan sebuah kecanduan serius, di mana anak-anak tidak mendapatkan cukup tidur. Ada kecenderungan umum yang dialami anak-anak, yakni lupa waktu ketika mereka sedang sibuk memainkan beberapa game online.

Mereka lelah secara mental dan telah menyadari bahwa mereka umumnya mudah marah dan mereka tidak menyadari bahwa mereka mengantuk karena mereka begitu asyik dalam bermain.

Dampak buruk gadget ini tentu saja akan mempengaruhi kehidupan anak-anak setelah mereka dewasa nanti. Maka dari itu, sebagai orangtua hendaknya kita bisa bijaksana dalam mengatur kebersamaan anak dengan perangkat teknologinya.

Interaksi orangtua dan anak jauh lebih penting ketimbang membiarkan anak sibuk dengan gadget.

Tak perlu cemas bila anak suka bermain gadget. Yang penting, terapkan aturan sejak dini dan perlakukan gadget hanya sebagai alternatif sarana pembelajaran yang berbeda.




Klik Like dan mohon dishare ya ...
Link Posting: http://bestseoeasy.blogspot.com/2015/01/waspadai-dampak-buruk-kecanduan-gadget.html
Rating Posting: 100% based on 99999 ratings. 199 user reviews.

WASPADAI DAMPAK BURUK KECANDUAN GADGET BUAT ANAK-ANAK

Posted by Best SEO Easy, Published at 9:54 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment